IKLAN

Rabu, 16 Mei 2012

PERLUASAN DAN RENOVASI MASJID AN-NAHL

Barangsiapa mendirikan karena Allah sesuatu Masjid, niscaya Allah mendirikan untuknya seperti    yang ia telah dirikan itu, di dalam Syurga.(HR. Bukhori dan Muslim)

            Keberadaan Masjid An-Nahl di lingkungan Perumahan Bumi Permata Sudiang  (BPS) 2, sejak awal pembangunannya, mesjid ini telah menjadi tempat ibadah yang utama di lingkungan perumahan BPS 2. Kehadirannya telah membawa pengaruh yang besar bagi terciptanya lingkungan perumahan BPS 2 yang Islami..
          Masjid An-Nahl yang terletak di pusat perumahan BPS 2, sementara ini melaksankan renovasi dan rehabilitas bangunan masjid karena bangunan masjid yang ada sekarang disamping tidak bisa menampung jamaah BPS 2 bila pada saat pelaksanaan sahalat Jum'at, meskipun sekarang telah ada bangunan utama masjid. Banguanan utama terdiri atas : Ruangan ibadah (bagian tengah dan belakang) dengan ukuran 10 x 14 meter, dan ruangan imam (bagian depan) 4 x 2,5 meter serta ruang sekretariat disebelah kiri ruang imam (ruang mihrab).
           Sampai dengan saat ini, pembangunan masjid hanya ditunjang oleh dana yang diperoleh dari swadaya warga BPS 2 sebagai donatur dan bantuan donatur dari berbagai pihak. Dana swadaya warga dipungut atas keikhlasan dan kemampuan warga. Karena kemampuan warga yang terbatas dan dengan kebutuhan biaya pembangunan yang cukup besar jadi dana pembangunan juga diharapkan melalui bantuan donatur dari berbagai pihak. Diantara donatur yang telah berpartisipasi selama ini, ialah : Bank BTN, PT. Murtigraha Perkasa, PT. Semen Tonasa, Badan Amil Zakat, Infak dan Sadaqah (BAZIS),  Pemerinah Sulawesi Selatan melelui Bapak Gubernur Amin Syam dan lain-lain. Bantuan dana yang diperoleh sampai dengan saat ini telah digunakan untuk mendirikan bangunan utama masjid yang saat ini kami pengurus masjid dan para tokoh masyarakat setempat bermaksud akan mengadakan pembangunan perluasan badan masjid dan mengubah badan masjid agar terlihat bentuk arsitektur masjid yang punya nilai estetika.
         Walaupun dengan kondisi yang masih minim, bangunan ini telah digunakan oleh warga BPS 2 untuk menjalankan aktivtas ibadah, diantaranya : Shalat lima waktu, Shalat Tarawih di Bulan Suci Ramadhan, Shalat Hari Hara Idul Fitri dan Idul Adha dan kegiatan majelis taklim. Aktivitas ibadah yang dijalankan, alhmadulillah banyak diikuti oleh warga sekitar. Dari hari ke hari intensitas warga yang menjalankan ibadah di bangunan masjid semakin meningkat. Hal ini memberikan gambaran bahwa kehadiran bangunan masjid yang layak, nyaman dan luas di lingkungan perumahan BPS 2 sangat dibutuhkan saat ini.
          Kapasitas mesjid An nahl saat ini sekitar kurang lebih 150 jamaah, jumlah kepala keluarga (KK) yang bermukim di-ORW. 022 saat ini kurang lebih 300 KK, belum terhitung jumlah jiwa dalam setiap KK yang apabila masjid An-Nahl akan digunakan pada saat memasuki bulan suci ramadhan atau pelaksanaan ibadah hari raya maka mesjid ini akan penuh sesak bahkan tidak mampu menampung  jamaah karena lebih dari 90%, dari KK tersebut adalah pemeluk agama Islam.
        Berdasarkan kenyataan-kenyataan tersebut di atas, maka kami warga ORW. 022, Perumahan Bumi Permata Sudiang 02,  Kelurahan Sudiang Raya, Kecamatan Biringkanaya bermaksud untuk memperluas bangunan mesjid “An Nahl” agar kapasitas  dan sarana prasarananya sesuai dengan perkembangan jumlah penduduk yang bermukim di Perumahan BPS-2, melanjutkan pembangunan yang pernah dilakukan pada tahun 2007- 2008.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar